Wednesday, April 13, 2011

Kelola THR Biar Tak Ludes Begitu Saja

 
LEBARAN menjelang, tunjangan hari raya (THR) pun datang. Bagi karyawan yang sudah mendapat haknya, THR adalah "bonus" yang ditunggu-tunggu.

Hadirnya THR harus disikapi dengan bijak. Jangan sampai rejeki satu tahunan ini, hanya numpang lewat di rekening Anda dalam hitungan hari. THR bisa dimanfaatkan sebagai pemasukan lebih dan juga bermanfaat lebih.

Nah, untuk bisa memaksimalkan THR diperlukan pengelolaan yang tepat. Hal mendasar yang perlu dilakukan adalah pisahkan naluri yang "diinginkan" dan "diperlukan". Pisahkan naluri belanja berlebihan dan tentukan skala prioritas kebutuhan.

Orang biasanya hanya memfokuskan uang THR untuk membeli apa yang ‘diinginkan’ bukan yang ‘diperlukan’. Gawatnya uang THR seringkali habis hanya untuk memuaskan nafsu membeli barang-barang yang diinginkan, tanpa sedikit pun membeli barang-barang yang diperlukan. Uang THR pun jadi ludes begitu saja.

Jika Anda sudah menikah, perhitungkan juga THR pasangan lalu tentukan kebutuhan Anda dan keluarga.

Berikut beberapa trik mengelola THR :


1. Alokasikan THR Anda untuk membayar kewajiban sebagai umat muslim, yakni zakat. Berbagilah dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan kerabat. Manfaatkan THR sebagai ajang beramal pada orang yang tepat.

2. Tabung THR Anda minimal 10 persen. Tapi anggarannya bisa lebih, akan lebih baik lagi. Pisahkan tabungan dengan rekening operasional Anda. Masukkan tabungan Anda pada rekening tanpa menggunakan fasilitas ATM. Dengan demikian akan mengurangi risiko pengikisan tabungan.

3. Cek daftar kewajiban Anda, utang pokok dan bunga yang sifatnya konsumtif (Kartu Kredit/KTA). Lunasi kewajiban yang satu ini di atas kebutuhan yang lain.

4. Jika Anda mudik, alokasikan secara cermat biaya ke luar kota dengan baik. Tentukan perjalanan sesuai kebutuhan, apakah Anda akan membawa kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, bus, kapal laut, di mana Anda akan menginap. Antisipasi juga lonjakan harga saat Lebaran.

5. Persiapkan hidangan dan atribut hari raya Idul Fitri secukupnya. Jangan sampai makanan dan minuman yang Anda siapkan menjadi mubazir atau berbelanja pakaian dengan berlebihan.

No comments:

Post a Comment