Wednesday, April 13, 2011

Polis Asuransi Saat Ini dan Hari Esok

 
PARA pembaca yang budiman, saya mengucapkan selamat Tahun Baru dengan harapan Anda bisa mengarunginya dengan antusias dan penuh optimisme demi meraih prestasi dan kesuksesan.

Pada edisi kali ini tersaji satu pembahasan bagi Anda yang saya ambil dari Teks Lonceng Kebayoran Edisi 2 Januari 2010 berjudul Hiduplah Hari Ini! Tulisan ini dikutip dari kumpulan kuotasi oleh Walt Whitman dan bisa menjadi perenungan bagi kita di awal tahun 2011. Esensinya, periodisasi kehidupan terkategori menjadi tiga jenis hari, yakni Hari Kemarin, Hari Esok, dan Hari Ini.

Pertama, hari kemarin. Dalam konteks ini Anda tidak bisa mengubah apa pun yang telah terjadi. Anda pun tidak bisa menarik perkataan yang sudah terucap. Anda juga tidak mungkin menghapus kesalahan atau mengulangi kegembiraan yang Anda rasakan kemarin.

Hakikatnya, biarkan hari kemarin lewat dan lepaskan saja! Kedua adalah hari esok. Hingga mentari esok hari terbit, Anda tidak akan tahu apa yang bakal terjadi. Anda juga tidak tahu apakah Anda sedih atau tertawa ceria pada esok hari.

Hakikatnya, esok hari belum tiba dan biarkan saja! Yang tersisa saat ini bagi Anda hanyalah hari ini! Dalam hal ini, pintu masa lalu Anda telah tertutup! Pintu masa depan pun belum tiba. Itu sebabnya, pusatkan diri Anda untuk hari ini! Anda bisa mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila Anda mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari.

Hiduplah hari ini! Mengapa demikian? Karena masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit. Hiduplah apa adanya! Ketika Anda menyia-siakan waktu, berarti Anda sedang menyia-siakan hidup Anda. Sebaliknya, ketika Anda cakap menguasai waktu, Anda justru sedang menguasai hidup Anda. Itu sebabnya, seyogianya Anda lakukan yang terbaik hari ini dan sekarang juga!

Urgensi Berasuransi
Dalam konteks perlindungan asuransi, keputusan Anda hari ini dan tindakan untuk memperlengkapi diri dan keluarga dengan asuransi jiwa bertujuan untuk memastikan orang-orang yang Anda cintai aman di bawah perlindungan program asuransi.

Dalam rangka memperlengkapi diri dengan asuransi jiwa untuk satu tahun ke depan,sebuah organisasi nonprofit, yakni Life and Health Insurance Foundation for Education (LIFE) memublikasikan enam tips yang bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa program asuransi Anda up to date.

Pertama, awal tahun merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi dan meninjau kembali setiap polis asuransi jiwa yang sudah Anda miliki. Beberapa alasan yang sering terabaikan mengapa Anda perlu melakukan evaluasi, antara lain faktor kenaikan gaji, bertambahnya pengeluaran rutin, pengambilan utang baru, atau penambahan tanggungan anggota keluarga.

Anda perlu memeriksa kembali ragam polis Anda guna memastikan uang pertanggungan dan manfaat asuransi yang terkandung di dalamnya cukup memadai untuk kondisi Anda saat ini.

Kedua, lindungi aset Anda yang paling berharga.Penghasilan yang Anda peroleh tiap bulan merupakan salah satu aset yang paling berharga! Bila nafkah itu terhenti, Anda bisa membayangkan keluarga bisa bertahan berapa lama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari! Ketika cadangan dana habis, Anda terkondisi untuk menjual kekayaan lain guna menutupi belanja bulanan tersebut.

Jangan meremehkan hal yang satu ini. Dalam rangka itu, polis asuransi jiwa yang manfaatnya berorientasi Income Replacement penting untuk Anda miliki sekarang juga. Polis jenis ini memberikan santunan bagi Anda sebagai pengganti pendapatan bulanan bila suatu waktu Anda menderita sakit atau mengalami cacat dan menyebabkan Anda tidak bisa bekerja secara normal.

Ketiga, pertimbangkan secara matang untuk memiliki asuransi jiwa Long Term Care selagi kondisi kesehatan Anda masih baik seperti saat ini. Berapa usia Anda tahun ini? Bila budjet keuangan Anda memungkinkan, waktu yang paling tepat untuk membeli polis jenis ini adalah ketika Anda berusia 40–50 tahun.

Pada rentang usia tersebut, secara umum Anda relatif memiliki kondisi kesehatan yang baik sehingga premi asuransi yang Anda bayar belum terlalu mahal. Selain itu, kemungkinan besar pengajuan polis asuransi Anda diterima alias tidak ditolak oleh perusahaan asuransi jiwa karena tingkat risiko masih dalam jangkauan mereka.

Keempat, periksa kembali daftar ahli waris Anda. Pernikahan, kelahiran buah hati, peristiwa sedih seperti perceraian, atau berbagai bentuk kemalangan bisa membuat perubahan ahli waris dari waktu ke waktu.

Awal tahun merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi ahli waris pada setiap polis asuransi jiwa yang Anda miliki. Pastikan daftar tersebut merefleksikan setiap perubahan yang mungkin ada dalam keluarga Anda sejak satu tahun terakhir.

Kelima, yang tidak kalah pentingnya bagi Anda adalah bertemu dengan agen asuransi jiwa. Bersama agen yang profesional, Anda bisa melakukan evaluasi tahunan untuk memeriksa keempat hal di atas. Selain itu, lakukan peninjauan bersama sang agen, apakah ada peluang bagi Anda untuk mengurangi biaya premi tahun ini!

Misalnya, secara faktual Anda sudah berhenti merokok sejak beberapa tahun lalu sehingga kondisi kesehatan Anda lebih prima.Fakta tersebut bisa diajukan kepada perusahaan asuransi jiwa dalam rangka mengusahakan penurunan pada premi asuransi Anda.

Terkait dengan perenungan inspiratif tentang “Hiduplah Hari Ini!”, pusatkan diri Anda untuk melakukan yang terbaik hari ini guna meraih kegembiraan hari ini serta kebahagiaan dan kesejahteraan bagi keluarga di masa depan!

Sense of urgency yang Anda miliki untuk memperlengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi jiwa merupakan tindakan yang arif demi kepastian sejahteranya keluarga saat ini juga! Mari kita masuki tahun 2011 yang penuh harapan. Sukses senantiasa bagi Anda dan keluarga. (*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

No comments:

Post a Comment