5 Hal Penting Agar Banner Ad Anda Efektif

BERAPA banyak kira–kira website yang Anda kunjungi setiap harinya? Mungkin dari Anda ada yang mengunjungi hanya beberapa website, tapi mungkin ada yang lebih dari 10 website setiap harinya.
Terlepas dari berapa banyaknya web site yang dikunjungi, jika Anda ingat kembali, kira–kira berapa Banner Ad (iklan banner) yang Anda temukan, iklan atau penawaran apa saja yang masih Anda ingat tiap harinya? Meskipun ada beberapa orang yang masih bisa mengingat atau benar–benar tertarik dengan iklan banner yang dilihatnya, ternyata tidak banyak orang yang membuka website dan masih bisa mengingat dengan baik iklan banner apa saja yang terdapat dalam website tersebut, apalagi melakukan pembelian karena Banner Ad itu.
Untuk membuat Banner Ad yang efektif,memang tidaklah mudah karena seperti kita ketahui, banyak sekali kita temukan Banner Ad yang terpampang di berbagai website, mulai Banner Ad yang dirancang dengan sungguh–sungguh hingga Banner Ad yang "pokoknya ada", Banner Ad yang tidak dirancang dengan baik hingga akhirnya pengiklan harus keluar biaya yang sama, tapi dengan hasil respons yang tidak memuaskan. Berikut ini setidaknya ada lima hal penting yang perlu kita perhatikan supaya Banner Ad kita lebih Efektif.
1.Rancangan yang Matang
Buatlah rancangan yang matang dari Banner Ad Anda, bukan hanya berkaitan dengan desainnya, tapi juga berkaitan dengan tujuan yang harus Anda tetapkan atau Anda raih dengan adanya Banner Ad Anda tersebut sehingga tampilnya Banner Ad Anda benar– benar mampu membantu dalam peningkatan pemasaran Anda, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Karena cukup sering saya jumpai perusahaan yang memasang Banner Ad, tapi mereka tidak tahu apa tujuannya, bahkan ada yang mengatakan, "Yang penting biar kelihatan keren, bisa beriklan di Internet." Ingat, meskipun berupa Banner Ad, hal tersebut juga merupakan suatu bentuk pengeluaran bagi perusahaan. Jadi pastikan apa yang Anda keluarkan juga memberikan goal dan manfaat yang jelas bagi perusahaan.
2. Mengetahui Target Market yang Lebih Jelas dan Tepat
Choose the right place to display our Banner Ads. Cukup sering terjadi Banner Ad dengan desain yang bagus (bahkan ada yang dilengkapi dengan desain animasi yang menarik), menjual produk yang bagus, dengan penawaran yang menarik, tapi dipasang di website dengan target market yang tidak tepat. Ada yang mengatakan, "Saya memasang Banner Ad di website tersebut karena saya mendapat beberapa informasi bahwa website tersebut memiliki traffic yang besar, jauh melebihi website yang lain."
Ingat, traffic yang besar belum bisa menjamin efektivitas Banner Ad Anda. Memang, bisa terjadi yang meng-klik Banner Adtarget market-nya atau yang banyak meng-klik Banner Ad Anda adalah anak-anak usia sekolah yang tidak memiliki uang, sebaiknya Anda jangan hanya semata–mata percaya dengan informasi mengenai traffic tersebut.
Langkah konkret yang kita ambil sebelum memasang suatu Banner Ad adalah dengan benar–benar langsung mengunjungi website tersebut setidaknya beberapa kali dan ikuti perkembangannya, antara lain berkaitan dengan tipe, karakter, dan kualitas pengunjungnya. Karena bisa terjadi, suatu website tertentu mengalami perubahan atau pergeseran dalam tipe atau target marketnya atau target pengunjungnya.
3.Pelajari Banner Ad Sebelumnya
Belajar dari pengalaman merupakan salah satu yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik. Namun jika kita bisa belajar lebih cepat dengan kesalahan yang lebih sedikit, hal tersebut akan lebih efektif tentunya. Dengan mempelajari dengan baik Banner Ad yang pernah ada sebelumnya, hal itu akan membantu kita dalam membuat suatu Banner Ad yang lebih efektif. Sebagai contohnya, kita harus mengadakan analisis yang lebih baik dan tertulis dari Banner Ad yang sebelumnya pernah dipasang (bisa juga dari kompetitor), antara lain: Banner Ad sudah dipasang berapa lama dan bagaimana responsnya?
Apakah memang benar banyak yang meng-klik? Namun tentu tidak berhenti di situ, apakah benar bahwa yang mengeklik itu melakukan action selanjutnya, berupa pembelian ataupun mengisi data yang kita inginkan? Bagaimana desainnya? Apakah banyak animasi, berbagai gambar yang mencolok ataukah ternyata dengan desain yang lebih sederhana dan tanpa animasi? Bagaimana ukurannya (detailnya), apakah yang kotak lebih menarik dari persegi panjang atau sebaliknya? Sebab setiap website setidaknya memiliki karekter.
4.Buatlah Penawaran yang Menarik dan Jelas
Cukup sering saya temukan Banner Ad dengan kalimat yang panjang, huruf yang kecil–kecil, dan gambar warna–warni disertai dengan banyak animasi di sana– sini. Setelah beberapa saya lihat, saya tidak paham apa yang sebenarnya ingin ditawarkan atau diinformasikan, kemudian saya tinggalkan saja Banner Ad tersebut. Banyak dari Anda mungkin juga pernah menjumpai Banner Ad seperti itu, terlalu ramai dan tidak jelas. Dalam suatu Banner Ad harus ada suatu bentuk penawaran yang sangat menarik dan diinformasikan dengan kalimat atau gambar yang jelas karena seperti kita ketahui, ribuan Banner Ad banyak muncul di dunia maya.
Bayangkan, jika Banner Ad yang berukuran kecil tapi dijejali banyak tulisan yang malah membuat orang bingung, pasti Banner Ad tersebut akan cepat ditinggalkan, bahkan diabaikan sejak awal. Karena saya pernah menemukan Banner Ad yang seperti itu dan tragisnya, meskipun Banner Ad tersebut mengiklankan produk ternama, banyak orang akhirnya tidak tertarik. Oleh karena itu, sangat penting kita membuat Banner Ad dengan penawaran yang sangat menarik dengan tampilan yang jelas dan masih enak untuk dilihat pula.
5.Banner Ad Dibuat Bukan untuk Membuang Uang
Mungkin banyak dari kita sudah mengetahui hal tersebut, membuat iklan atau Banner Ad memang bukan untuk membuang uang. Namun faktanya, tidak sedikit orang yang membuat Banner Ad yang akhirnya benar–benar hanya membuang–buang uang. Salah satunya karena mereka memasang Banner Ad, tapi tidak diukur hasilnya. Mungkin ada yang mengatakan, "Karena biro iklan saya mengatakan, kami harus memasang secara terus–menerus Banner Ad kami supaya tetap eksis. Karena jika berhenti, nanti sedikit atau tidak ada orang yang mengenal produk kami." Perlu kita ingat kembali bahwa berbagai aktivitas marketing yang kita lakukan haruslah terukur (benar– benar bisa diukur efektivitasnya) dan show me the money! Contohnya: kita bisa membuat beberapa alternatif Banner Ad (tentunya yang sudah dirancang matang), kemudian kita tayangkan mulai dari alternatif pertama, lalu harus diadakan monitoring yang jelas dan terukur.
Berapa kali ditayangkan, di websitea pa saja, tayang jam berapa saja atau hari apa, berapa yang mengeklik, berapa yang merespons, dan berapa yang melakukan tindakan pembelian secara nyata. Dengan demikian kita akan semakin tahu dan semakin peka, Banner Ad seperti apa yang efektif,websiteapa saja yang paling sesuai dengan target market kita, dan berapa total biaya yang kita keluarkan, serta berapa total hasil yang kita dapatkan? Jika memang benar–benar menghasilkan, kita bisa terus mengulanginya. Jika memang benar–benar hanya "membuang uang", kita harus berani untuk menghentikannya.
TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005 Anda terhitung banyak tiap harinya. Namun, meski Anda menawarkan produk yang berkelas, dengan kualitas bagus sekalipun, jika
No comments:
Post a Comment