Employer Branding dan Optimalisasi Pemasaran
JIKA Anda seorang yang sedang mencari pekerjaan di suatu perusahaan, kira-kira perusahaan seperti apa yang Anda impi-impikan?
Salah satu kriteria perusahaan yang dicari-cari oleh pelamar kerja biasanya adalah perusahaan yang mampu memberikan gaji dan tunjangan menarik, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.
Selain mengenai gaji atau tunjangan yang bagus, ternyata perusahaan yang banyak dicari pelamar kerja adalah yang bisa mendukung perkembangan kemampuan diri,ataupun yang mampu menjadi suatu tempat menyenangkan sekaligus "menjanjikan", baik dalam mengekspresikan jati diri yang lebih positif maupun tersedianya pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas individu secara lebih menyeluruh.
Bagi perusahaan,memiliki karyawan yang berkualitas, berkomitmen, berdedikasi, produktif, dan loyalitas tinggi tentu merupakan salah satu “aset” yang penting bagi perkembangan perusahaan di masa datang. Salah satu yang bisa dilakukan suatu perusahaan yaitu dengan employer branding.
Brett Minchinton, mendefinisikan employer branding sebagai, "The image of your organization as a 'great place to work' in the mind of current employees and key stakeholders in the external market". Dan untuk menciptakan suatu perusahaan yang benar-benar memiliki suatu citra dan realitas yang positif, baik dari sudut pandang karyawan ataupun dari pihak luar (termasuk konsumen, calon konsumen), memang tidaklah mudah.
Diperlukan suatu upaya yang terus menerus serta terobosan yang dahsyat. Diperlukan corporate culture yang di antaranya mampu mendukung terciptanya suasana dan sistem kerja yang lebih efektif, menyenangkan, dan lebih produktif. Beberapa komponen penting tentang employer brand di antaranya: Optimalisasi komunikasi internal, Sistem pengukuran yang lebih akurat, Penghargaan dan sanksi, Manajemen tim, Budaya kepemimpinan, Lingkungan kerja, PA (performance appraisal)
Atau meski mereka sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, sudah pindah kerja atau pensiun, tetap saja mereka bangga dan mempunyai kesan dan kenangan tersendiri. Salah satu sebabnya karena mereka merasakan ada sesuatu yang dahsyat di perusahaan tersebut yang terus mereka ingat, mereka merasa menemukan 'great place to work'. Bukan hanya gajinya yang bagus, namun juga jaminan kesejahteraan karyawan, sistem komunikasi yang mendukung baik antar karyawan, antar tim, ataupun karyawan dengan pimpinan dan seterusnya. Ditambah lagi dengan berbagai fasilitas perusahaan yang mampu mendukung pengembangan SDM dan potensi diri menjadi lebih baik lagi.
Hal itu pula yang saya lakukan di perusahaan atau bisnis yang saya miliki dan jalankan. Saya juga semakin semangat jika tim saya juga merasa senang dan senantiasa termotivasi (dari dalam dirinya sendiri) ketika melakukan aktivitasnya di kantor, hingga akhirnya mereka pun semakin kreatif dan produktif. Karena dengan hal tersebut akan membantu dalam memperkuat citra perusahaan baik secara internal ataupun eksternal. Untuk meningkatkan pemasaran atau peningkatan kemajuan perusahaan secara keseluruhan, yang diperlukan tentu bukan hanya aspek kepuasan pemilik perusahaan, para komisaris.
Bukan pula hanya dengan adanya kepuasan pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan, namun juga dengan adanya kepuasan dari para karyawannya. Karyawan bukan hanya merasa bangga bisa bekerja di perusahaan, namun mereka juga merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan dari perusahaan. Dengan demikian , hal tersebut akan membantu pula dalam meningkatkan kepercayaan diri karyawan/tim kita untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Karyawan juga bisa menjadi lebih berkembang dan lebih puas, begitu pula dengan perusahaan serta para konsumen atau klien ataupun calon konsumen.
Untuk menciptakan suatu employer branding yang dahsyat, memang harus dirancang dengan matang, baik dari sisi leadership, arah perusahaan yang jelas–baik mengenai visi ataupun misinya, sinergi teamwork, dan sebagainya. Karena tim yang dahsyat serta memiliki fundamental yang lebih solid akan tercipta suatu sinergi yang lebih dahsyat, baik dari sisi internal maupun eksternal. Beberapa perusahaan besar di Indonesia ataupun di luar negeri telah mampu bertahan lama dan terus meningkat produktivitasnya serta real profit-nya, antara lain didukung oleh employer branding yang baik pula.
Kita pun bisa memperkuat employer branding di perusahaan kita masing-masing, dimulai dari berbagai hal yang terlihat sederhana namun membawa perubahan yang dahsyat. Salah satunya dengan memberikan reward and positive punishment yang lebih jelas, dan tentu juga diimbangi peningkatan kualitas karyawan.Antara lain dengan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan terukur, serta melibatkan karyawan untuk menjadi bagian penting dalam pencapaian target perusahaan.
Salah satu tugas penting perusahaan lainnya,setelah berupaya memperkuat employer branding, juga melakukan berbagai terobosan agar para karyawan yang sudah menemukan "great place to work" mampu lebih berkomitmen, memiliki dedikasi, loyalitas yang lebih baik, dan tentu saja senantiasa semakin produktif.
Dengan demikian akan tercipta suasana saling menguntungkan antara karyawan dengan perusahaan, dan karyawan juga bisa menjadi tim dan partner dalam kemajuan perusahaan. Mampu pula menguntungkan berbagai pihak yang terkait, baik secara langsung atau tidak dengan perusahaan kita, juga kepada para klien ataupun konsumen kita. Dalam perkembangan selanjutnya, perusahaan kita kelak menjadi perusahaan yang banyak dicari para calon karyawan yang berkualitas, sekaligus bisa menjadi perusahaan yang lebih banyak dicari oleh para konsumen, klien, dan calon konsumen karena produk dan jasa yang ditawarkan juga semakin dahsyat adanya.
TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005 Mungkin Anda pernah menemukan beberapa orang yang dengan senang hati bercerita bahwa mereka merasa bangga, bahkan sangat bangga bisa menjadi bagian dari suatu perusahaan tempat mereka bekerja.
No comments:
Post a Comment