Saturday, April 9, 2011

Jika Kualitas Produk Bermasalah, Apa Solusinya?

 
MINGGU (31 Oktober) lalu kita telah membahas tentang berbagai produk bermasalah, baik yang belum banyak dikenal konsumen hingga yang telah benar-benar terkenal dan menancap kuat di benak konsumen.

Jika suatu produk bermasalah, namun belum banyak dikenal masyarakat, tentunya akan lebih mudah untuk menarik kembali produknya, memperbaiki kualitasnya dan kemudian bisa memasarkannya kembali (tentunya setelah memenuhi standar yang ada).

Yang tidak mudah adalah jika produk yang bermasalah tersebut sudah banyak dikenal konsumen, banyak beredar di pasaran dan dipercaya konsumen dalam jangka waktu lama.

Karena jika permasalahan yang ada tidak segera diantisipasi dengan sebaik mungkin, bisa jadi kompetitor akan menggunakan celah ini untuk merebut posisi produk Anda yang sudah terkenal dan sedang bermasalah tersebut.

Atau setidaknya konsumen akan perlahan meninggalkan produk atau jasa Anda. Beberapa langkah yang bisa diambil dengan segera jika produk kita bermasalah di antaranya:

1. Lakukan perbaikan atau pembenahan yang menyeluruh dari segi internal, baik dari kualitas produk itu sendiri ataupun SDM terkait.

Lakukan perbaikan hingga tuntas dan libatkan pihak yang benar-benar tepercaya serta diakui untuk memberikan pengesahan bahwa produk kita benar-benar telah memenuhi standar sesuai ketentuan, aman, dan tetap berkualitas.

2. Lakukan berbagai kegiatan yang melibatkan para konsumen setia Anda, sekaligus mengundang ahli tepercaya yang bisa membuktikan bahwa produk kita benar-benar telah memenuhi standar yang ada.

Jika memungkinkan, bisa dilibatkan pula public figur untuk membuktikan secara langsung bahwa produk kita benar-benar aman, memenuhi standar, dan berkualitas.

Dalam kegiatan tersebut, undanglah sebanyak mungkin media yang bisa mendukung Anda untuk memberikan informasi tepat bahwa Anda benar-benar telah melakukan perbaikan dan telah lulus uji. Juga telah memenuhi standar yang ada serta produk Anda layak untuk dikonsumsi atau digunakan kembali oleh seluruh konsumen Anda.

3. Buatlah berbagai kegiatan yang memungkinkan keterlibatan banyak konsumen Anda. Contohnya pernah dilakukan salah satu produk minuman yang “tersandung” masalah kandungan bahan bakunya.

Melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang dan konsumen setia Anda sekaligus bisa menjadi salah satu materi iklan efektif dan menarik, baik berupa TVC, iklan radio, media cetak, dan sebagainya.

4. Buatlah suatu added value atau nilai tambah baru yang lebih menarik bagi para konsumen Anda. Misalnya dengan memberikan bonus atau hadiah yang lebih besar atau lebih menarik lagi.

Contohnya jika Anda bergerak dalam bidang automotif, Anda bisa memberikan servis gratis, panggilan darurat 24 jam selama beberapa tahun, gratis perawatan berkala, dan pelayanan yang lebih menarik lainnya.

Dengan demikian, konsumen Anda merasa percaya kembali, puas kembali, dan dengan senang hati mau terus menggunakan produk/jasa Anda (meskipun pernah terjadi “masalah”), dan tidak ingin berpindah ke produk yang lainnya.

5. Buatlah strategi periklanan baru yang memungkinkan untuk pengembalian kepercayaan masyarakat akan produk atau jasa Anda yang pernah bermasalah. Namun, perlu diingat sekali lagi, dalam iklan tersebut selain untuk brand image, sertakan pula berbagai penawaran yang dahsyat.

Karena selain masyarakat semakin tahu bahwa produk atau jasa Anda telah “pulih” kembali, mereka juga akan segera melakukan tindakan; membeli produk/jasa yang Anda tawarkan tersebut.

Sekaligus lakukan berbagai aktivitas marketing lainnya yang memungkinkan produk atau jasa Anda kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Dan tentunya bisa kembali mendapatkan peningkatan pemasaran yang lebih baik lagi.

Jika Anda mempunyai kisah kesuksesan karena telah membaca dan mempraktikkan ilmu yang saya ajarkan dalam buku-buku saya atau karena hasil mengikuti seminar-seminar saya, segera kirim cerita kesuksesan Anda ke: tungdw@dahsyat.com. Untuk kisah sukses yang inspirasional akan saya tampilkan di buku saya selanjutnya.

Dan ini merupakan kesempatan emas Anda pula untuk sekaligus mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda sudah membeli buku Marketing Revolution saya di toko-toko buku terdekat? Jangan sampai kehabisan dan jangan sampai kompetitor Anda terlebih dahulu memiliki buku tentang revolusi pemasaran yang sangat dahsyat ini.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005

No comments:

Post a Comment