Wednesday, April 13, 2011

Membeli Polis Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan

 
Aktivitas kita sehari-hari senantiasa dibarengi dengan munculnya aneka kebutuhan yang sudah waktunya untuk dipenuhi.

Dalam hal berbusana, misalnya, apa pun profesi yang Anda tekuni baik sebagai seorang karyawan korporasi, entrepreneur, artis, maupun ragam profesi yang lain, suatu waktu Anda tentu membutuhkan pakaian baru demi menjaga keserasian penampilan.

Salah satu tolok ukur yang mungkin menjadi pertimbangan Anda dalam pemilihan busana tersebut adalah faktor kecocokan selera. Sebagian orang berprinsip bahwa merek terkenal selalu menjadi pilihan utama. Ada pula di antara kita yang lebih mengutamakan fungsi dari barang yang hendak dibeli.

Dalam hal pembelian sepatu, misalnya,jenis sepatu yang kita butuhkan pun berbeda dan bergantung pada peruntukannya. Sepatu untuk olahraga tentu berbeda dengan sepatu untuk bekerja di kantor. Bahkan, kebutuhan jenis sepatu bisa berbeda untuk bidang olahraga yang berbeda pula.

Sepatu untuk bermain golf sudah tentu berbeda bentuk dengan sepatu untuk sepak bola, bulutangkis, atau untuk bermain boling. Umumnya, busana wanita memiliki model yang lebih beragam. Pemilihan sepatu yang hendak dipakai untuk acara pesta umumnya dikaitkan dengan gaun yang dipakai.

Karena begitu beragamnya kebutuhan terhadap jenis sepatu pesta seperti ini,para wanita memiliki koleksi aneka sepatu yang cocok untuk setiap keadaan dan kebutuhan. Faktor kecocokan dengan gaun yang hendak dipakai dan atmosfer pesta yang hendak dihadiri juga menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis sepatu pesta yang akan dipakai.

Memilih Produk Asuransi

Pertimbangan dalam memilih dan membeli produk asuransi jiwa sama halnya dengan berbelanja atau membeli aneka barang di mal. Faktor kebutuhan, kecocokan selera, dan kesesuaian anggaran menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda dalam memperlengkapi diri dengan polis asuransi jiwa. Membeli polis asuransi jiwa tak ubahnya seperti membeli aneka barang manakala Anda berbelanja di mal atau department store.

Barang-barang yang hendak dibeli tentu Anda sesuaikan dengan gaya hidup,kebutuhan, dan anggaran yang tersedia. Ketika Anda hendak memperlengkapi diri dengan polis asuransi jiwa, Anda bisa memilih program asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan harapan ke depannya. Ragam produk asuransi jiwa tersedia bagi Anda, baik untuk kebutuhan proteksi individual maupun keluarga.

Produk yang dimaksud antara lain berupa program asuransi Pengganti Penghasilan (Income Replacement), Persiapan Dana Pendidikan bagi Anak-Anak dalam Keluarga (Education Funding), Persiapan Dana untuk Perawatan Kesehatan dan Kecelakaan (Health Insurance), Menabung dan Mengakumulasi Aset (Saving & Asset Accumulation), serta Meningkatkan dan Mengembangkan Aset (Asset Enhancement).

Selain itu, ada program asuransi untuk membayar sisa utang, misalnya untuk pelunasan kredit rumah, kartu kredit, dan kewajiban bayar lainnya. Satu hal yang menjadi pembeda antara pembelian barang-barang di mal atau department store dan pembelian polis asuransi adalah bahwa polis asuransi jiwa merupakan jasa yang tidak berwujud secara fisik.

Yang penting untuk Anda perhatikan, umumnya produk asuransi jiwa bersifat jangka panjang, yakni memberikan manfaat sesuai kurun waktu pertanggungan yang Anda butuhkan, misalnya 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, hingga 15 tahun ke depan. Di balik perbedaan tersebut, prinsip dalam membeli barang-barang kebutuhan berlaku sama dengan pembelian polis asuransi jiwa.

Kebutuhan dan selera terhadap barang sifatnya sangat individual sehingga satu barang tertentu bisa jadi sangat cocok dan amat spesifik bagi Anda. Karakter yang sama juga melekat dalam pembelian polis asuransi jiwa.

Dalam konteks ini, Anda perlu membayangkan dan merencanakan secara saksama berapa besar pertanggungan yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda perlu mengidentifikasi tujuan keuangan pribadi dan keluarga secara jangka panjang.

Sesudah itu, Anda segera memilih program asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Seperti yang pada umumnya kita alami, prinsip dalam membeli barang belanjaan adalah terlebih dahulu mencari informasi dan referensi tentang kebutuhan dan barang yang akan dibeli sehingga kita bisa menentukan pilihan yang cocok dengan anggaran yang tersedia.

Bagaimana halnya dengan prinsip membeli polis asuransi jiwa? Prinsipnya sama, hanya, pembelian polis asuransi jiwa sedikit lebih kompleks dibandingkan dengan pembelian aneka barang di department store. Itulah sebabnya, Anda membutuhkan seorang ahli yang bisa membantu Anda secara efektif untuk mendapatkan informasi yang tepat dan merancang program asuransi yang cocok.

Sang ahli yang Anda butuhkan adalah agen asuransi jiwa, yang notabene memenuhi kualifikasi yang disyaratkan untuk dapat memberikan asistensi dan konsultasi sehingga Anda bisa mendapatkan produk asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Selamat berasuransi jiwa. (*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

No comments:

Post a Comment