Wednesday, April 13, 2011

Asuransi Kesehatan, Menunjang Kemerdekaan Berkarya

 
17 AGUSTUS 2010 lalu, kita memperingati dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke-65. Di seantero Indonesia, merah putih berkibar sebagai simbol kemerdekaan dan merupakan dorongan momentum berharga bagi bentuk perjuangan, yakni tekad dan upaya untuk terus membangun demi mewujudkan kedamaian, keadilan, serta kemakmuran yang semakin merata bagi masyarakat.

Pembaca yang budiman, bagaimana wujud kemerdekaan dalam konteks kehidupan kita saat ini? Salah satu aktualisasi dari makna kemerdekaan ialah rasa nyaman bagi kita dalam berkarya dan berusaha demi kebahagiaan keluarga tercinta. Aspek nyaman dalam hal ini juga berhubungan dengan kondisi kesehatan kita yang merupakan syarat utama untuk menjaga aktualisasi dan kreativitas kita ke depannya.

Kita sering mendengar nasihat bijak bahwa kesehatan merupakan aset yang penting bagi kita, terutama bagi orang-orang yang mengedepankan produktivitas dan agresivitas dalam berkarya. Dengan kondisi kesehatan yang prima, kita bisa terus berkarya dan berkreativitas guna mewujudkan visi dan ambisi kita ke depannya. Sejauh kondisi kesehatan terjaga dengan baik, kita bisa bekerja, berprestasi, menikmati proses pencapaiannya dengan gembira, serta mensyukuri ragam pencapaian di dalamnya.

Sayangnya, dalam kondisi yang sehat, kita acap kali mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dan sering berasumsi bahwa kesehatan tubuh merupakan sesuatu yang sudah pasti. Kondisi ini sering membuat kita tidak waspada dan kurang menghiraukan pentingnya antisipasi terhadap kondisi kesehatan kita ke depannya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah memperhatikan pentingnya vitalitas dan kesehatan Anda dalam berkarya dan berusaha? Apa yang terjadi seandainya kondisi kesehatan Anda tiba-tiba anjlok dan Anda mengalami sakit yang berkepanjangan? Sudah tentu aktivitas Anda terhambat dan suasana gembira dalam bekerja serta berusaha pun menjadi lenyap seketika. Itulah sebabnya, seyogianya Anda memahami pentingnya polis asuransi kesehatan sebagai pendamping Anda dan keluarga di tengah-tengah risiko munculnya penyakit yang bisa datang kapan saja.

Ragam Manfaat Asuransi Kesehatan


Secara fungsional, polis asuransi kesehatan menyediakan manfaat proteksi bagi Anda dan keluarga manakala penyakit tertentu muncul dalam perjalanan hidup Anda ke depannya. Asuransi kesehatan akan memberikan manfaat bagi Anda, yakni menanggung sebagian atau keseluruhan biaya dan kerugian yang muncul manakala kondisi kesehatan Anda memburuk akibat terdiagnosa penyakit tertentu, atau Anda mengalami kecelakaan, atau Anda tidak mampu berkarya akibat munculnya kedua hal tersebut.

Anda tentu enggan membayangkan besarnya pengeluaran finansial manakala Anda harus dirawat di rumah sakit selama berbulan- bulan. Anda pun sulit membayangkan besarnya beban keuangan yang menjadi tanggung jawab Anda akibat munculnya suatu penyakit atau Anda mengalami kecelakaan. Faktanya, kejadian seperti itu sering dialami oleh orang-orang di sekitar kita, dan kita pun memiliki risiko yang sama dengan mereka.

Biaya perawatan yang muncul pun tidak jarang bisa menghabiskan uang jutaan, bahkan puluhan juta rupiah hingga mereka benar-benar mengalami kesembuhan. Kalaupun Anda mempunyai cukup banyak uang untuk mengantisipasi ragam kejadian tak terduga, seyogianya Anda tetap memperlengkapi diri dengan polis asuransi kesehatan. Mengapa demikian? Karena polis asuransi kesehatan akan mengurangi biaya yang harus keluar dari kantong Anda akibat munculnya gangguan kesehatan.

Di beberapa negara, ada banyak dokter, klinik, ataupun rumah sakit yang enggan menerima pasien yang tidak memiliki pertanggungan asuransi kesehatan. Artinya, polis asuransi kesehatan menjadi satu keniscayaan yang seyogianya dimiliki agar seseorang bisa mudah berkunjung ke dokter, klinik, atau rumah sakit. Perenungannya, jenis polis asuransi kesehatan seperti apa yang menjadi kebutuhan Anda? Semua itu bergantung pada manfaat yang ingin Anda peroleh di dalamnya.

Hakikatnya, tersedia berbagai jenis polis asuransi kesehatan yang diterbitkan oleh perusahaan- perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dan setiap produk memberikan manfaat perlindungan yang beragam. Anda bisa membeli produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Secara umum, ada lima program asuransi kesehatan yang tersedia bagi Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu berkonsultasi dengan agen asuransi Anda karena ada kemungkinan istilah yang digunakan oleh setiap perusahaan asuransi jiwa bisa saja berbeda satu dengan yang lain. Pertama, bila Anda membutuhkan polis asuransi kesehatan yang akan membayarkan semua biaya perawatan kesehatan ketika Anda dirawat di rumah sakit, Anda membutuhkan asuransi kesehatan bertipe medical expense insurance; Kedua, bila Anda membutuhkan polis asuransi kesehatan yang akan membayar sejumlah uang tertentu kepada Anda manakala Anda dirawat akibat penyakit, Anda membutuhkan asuransi kesehatan bertipe hospital cash plan; Ketiga, bila Anda merasa khawatir terhadap tanggungan biaya yang besar manakala Anda terdiagnosa penyakit kritis, misalnya kanker dan lain-lain,

Anda membutuhkan asuransi kesehatan bertipe critical illness insurance; Keempat, bila Anda termasuk individu yang membutuhkan pengganti penghasilan bila suatu saat Anda tidak bisa bekerja akibat sakit berkepanjangan, Anda membutuhkan asuransi kesehatan bertipe disability income insurance; Kelima, bila saat ini Anda sudah merasa perlu untuk mempersiapkan diri agar polis asuransi kesehatan Anda nantinya bisa menanggung semua biaya perawatan bila suatu saat Anda memasuki masa pensiun,

Anda membutuhkan asuransi kesehatan bertipe longterm care insurance. Saya akan menguraikan kelima jenis program asuransi kesehatan kepada Anda. Pada edisi Minggu depan dan selanjutnya, saya akan menyajikan pembahasan dimulai dari karakteristik medical expense insurance dan manfaatnya bagi Anda. Merdeka…. dan selamat berasuransi jiwa. (*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan, Pelatihan, dan
Pengembangan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

No comments:

Post a Comment