Wednesday, April 13, 2011

Merenda Keluarga Sejahtera dengan Asuransi Jiwa

 
BELAKANGAN ini kita membaca dan melihat tayangan informasi di media cetak maupun elektronik tentang terjadinya ragam musibah atau kemalangan di Tanah Air, antara lain terbakarnya kapal penyeberangan di Selat Sunda yang memakan korban puluhan penumpang serta kecelakaan lalu lintas antara kontainer dan mobil travel di kawasan Pantura yang menelan sembilan korban jiwa. Musibah atau kemalangan tak terduga bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Begitupun kesehatan karena kita rentan terhadap risiko munculnya ragam penyakit.

Antisipasi Kemalangan Sejak Dini

Para pembaca yang budiman, mari kita perhatikan perenungan berikut ini. Apa yang akan terjadi seandainya enam bulan dari sekarang Anda terdiagnosa menderita kanker, padahal Anda tidak memiliki perlindungan asuransi kesehatan sama sekali? Mari sejenak Anda bayangkan.Ketika Anda melakukan annual check-up, misalnya,dokter menyampaikan hasil pemeriksaan bahwa Anda terserang penyakit kanker pada stadium awal.

Gradasi penyakit jenis ini mungkin masih bisa ditangani secara intensif tetapi Anda membutuhkan biaya yang besar.Ketika Anda belum memperlengkapi diri dengan polis asuransi kesehatan, biaya perawatan yang harus Anda tanggung sendiri bisa menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah untuk jenis penyakit ini. Terkait kondisi seperti itu, ada dua pertanyaan esensial yang perlu Anda renungkan.

Pertama, apakah Anda bisa mengakomodasi biaya tersebut tanpa kesulitan yang berarti? Kedua, apakah Anda bisa membayar biaya perawatan yang besar tanpa harus meminjam atau menguangkan aset yang Anda miliki? Bila jawaban atas kedua pertanyaan tersebut adalah “tidak”, Anda sejatinya membutuhkan polis asuransi kesehatan yang bisa melindungi Anda secara komprehensif.

Perenungan berikutnya, apa yang akan terjadi pada pasangan dan anak-anak tercinta apabila enam bulan dari sekarang Anda mengalami kecelakaan lalu lintas yang cukup serius, dan akhirnya Anda meninggal dunia? Apa yang terjadi bila Anda belum melengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi jiwa? Pasangan Anda sudah tentu harus bekerja menggantikan Anda secara full time untuk memenuhi kebutuhan biaya rumah tangga, dan ini bukan hal yang mudah!

Pasangan Anda pun harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak dan membayar cicilan rumah atau mobil yang belum lunas.Seandainya itu terjadi, apakah pasangan hidup Anda bisa memenuhinya dengan mudah? Bila jawabannya “tidak”, Anda sudah tentu membutuhkan perlindungan polis asuransi jiwa dari sekarang! Secara faktual, posisi Anda sebagai sosok yang dicintai oleh pasangan dan anak-anak dalam keluarga memang tidak akan pernah tergantikan pascaterjadinya kemalangan yang merenggut nyawa Anda.

Meski demikian,Anda seyogianya menjaga agar keluarga tercinta tidak kehilangan masa depan yang sejahtera ke depannya. Kalaupun kemalangan terjadi, sejahteranya perjalanan hidup keluarga yang Anda tinggalkan tetap bisa terwujud manakala Anda sudah memperlengkapi mereka dengan polis asuransi jiwa dan polis asuransi kesehatan yang sesuai dan memadai. Hakikatnya, asuransi jiwa memberikan keamanan keuangan yang luar biasa karena keluarga Anda terlindungi dari ke-sulitan keuangan saat kemalangan/kejadian tak terduga menimpa.

Bagaimana perkembangan dinamika industri asuransi jiwa di Indonesia? Hingga September 2010 terdapat 8.550.076 polis asuransi jiwa perorangan dan 6.592.750 asuransi kumpulan yang diterbitkan oleh seluruh perusahaan asuransi jiwa nasional. Artinya, industri asuransi jiwa telah memberikan perlindungan keuangan melalui produk-produk asuransi jiwa kepada lebih dari 8,5 Juta orang dan 6,5 Juta perusahaan/ lembaga atau sektor usaha di Indonesia.

Mereka telah mengalihkan risiko keuangan yang mungkin timbul dari sebuah kemalangan dan ketidakpastian kepada perusahaan- perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia. Dengan demikian, mereka terhindar dari kesulitan keuangan akibat munculnya kemalangan di kemudian hari. Saat ini terdapat 177.20 orang agen asuransi jiwa profesional dengan kualifikasi berlisensi dari AAJI.Para agen yang profesional mewakili perusahaan asuransi jiwa untuk melayani calon pemegang polis di seluruh Indonesia.

Mereka siap mendengarkan dan melayani Anda guna menyusun program asuransi jiwa yang cocok untuk kebutuhan Anda, terjangkau, dan sesuai anggaran yang ada. Mereka pun selalu siap membantu Anda manakala nantinya klaim terjadi sehingga manfaat asuransi bisa segera Anda peroleh sesuai yang diperjanjikan pada polis. Hingga September 2010 tercatat 45 perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi dan bernaung dalam industri asuransi jiwa nasional dengan total akumulasi kekayaan sebesar Rp168,8 triliun.

Sebagian besar dari aset-aset tersebut diinvestasikan pada pasar modal dan pasar uang nasional. Melihat urgensi berasuransi jiwa di tengah risiko munculnya ragam kemalangan, sudah tiba saatnya bagi Anda untuk memperlengkapi diri dan keluarga dengan polis asuransi jiwa. Esensinya,memiliki polis asuransi jiwa merupakan satu kebutuhan dan keharusan pada era modern seperti saat ini.

Asuransi jiwa akan berperan setia dalam melindungi Anda dari peliknya problematika finansial di tengah risiko munculnya bencana alam, kecelakaan, dan ragam penyakit di kemudian hari. Semakin cepat Anda membeli polis asuransi jiwa bagi diri dan keluarga, semakin aman langkah Anda untuk merenda kehidupan sejahtera bersama mereka. Selamat berasuransi jiwa.(*)

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI

No comments:

Post a Comment